Tuesday, February 19, 2008

Sungkan

Tau kan apa arti judul di atas? Itu rasa yang muncul ketika kita merasa tidak nyaman saat harus berhadapan dengan orang yang kedudukannya lebih tinggi, lebih berpengaruh, atau saat berhadapan dengan orang yang baru kita kenal.

Sebagai orang Jawa, aku sepertinya menyandang rasa sungkan sejak lahir. Kadang aku ini merasa tidak enak saat harus menegur orang yang tampaknya "lebih tinggi" dibandingkan aku. Juga, aku merasa sungkan ketika aku harus ngomong apa adanya terhadap orang lain. Takut nanti dijotak, dirasani, dijauhi, atau hubungan kami menjadi tidak harmonis lagi. (Belum lagi takut kalo jangan-jangan gaji ikut terpotong ;))

Padahal kalau dipikir-pikir, menegur orang yang salah, atau ngomong apa adanya itu penting. Kalau kita menyimpan sesuatu yang "ngganjel", biasanya lama kelamaan hubungan itu akan jadi hubungan yang basa-basi. Lalu, tumbuh deh, apa yang disebut prasangka, sakit hati, dll. Nggak enak kan?

Kalau kita mau jujur, kita perlu belajar berkomunikasi dengan baik deh. Tapi, gimana caranya ya?

0 comments: