Friday, May 29, 2009


Bagaimana (Aku) Memilih Buku?

Dua kali aku menyambangi Gramedia Grand Indonesia (GI) selama sepekan ini. Mumpung sedang digelar diskon 30% untuk semua item kecuali barang elektronik.

Pertama aku datang ke sana hari Selasa tgl 26 Mei 09 lalu. Dari rumah aku sudah mengangan-angankan beberapa buku yang akan kubeli. Tidak banyak, paling tiga, begitu pikirku. Yang pertama, aku memilih buku Kerajaan Aceh karya Denys Lombard. Belakangan ini aku suka membaca buku sejarah. Dan dari pengalamanku, tulisan Denys Lombard ini enak dibaca, apalagi dia memang ahli sejarah. Karyanya yang sudah banyak dikenal barangkali adalah Nusa Jawa Silang Budaya, seri 1-3. Keren deh! Yang kedua, aku pengen membeli Botchan. Buku ini mengisahkan sesuatu yang tidak biasa, yaitu soal guru muda di Jepang yang memberontak terhadap "sistem" di sekolah. Sepertinya menarik, pikirku. Yang ketiga, aku pengen menambah koleksiku untuk karya-karya Astrid Lindgren. Aku sudah lama pengen membeli Karlson, Manusia Atap. Sepertinya lucu. Dan memang aku suka tulisan-tulisan Astrid Lindgren. Biasanya dia bercerita tentang kenakalan anak-anak kecil yang sama sekali tak terpikirkan olehku. Kadang memang sepertinya keterlaluan, tapi lucu aja sih.

Pas sampai di Gramedia, aku langsung mencomot tiga buku itu. Lalu, mulailah aku berkeliling-keliling. Waktu itu, aku datang sekitar pukul 14.00, jadi tidak terlalu ramai, karena masih jam kantor. Aku pikir, inilah salah satu keuntungan orang yang tidak kerja kantoran :) Tapi aku tidak boleh terlena, karena pukul 16.00 jalan Sudirman akan mulai padat dan jangan sampai terjebak kemacetan! Akhirnya aku mengambil buku anak-anak seri Detektif Daisy & Ridley berjudul Hilangnya Jenderal Jefferson dan 40 Kasus Singkat untuk Kalian Pecahkan. Sub judulnya menarik: Uji Logika dan Ketelitian Kalian! Asyik kan? Sudah lama aku tidak menemukan buku teka-teki semacam ini. Aku berkeliling lagi ke bagian buku-buku sejarah. Aku menemukan buku yang beberapa kali mencuri hatiku tapi entah kenapa urung kubeli. Judulnya: Batavia Awal Abad 20, karya H. C. C. Clockener Brousson, terbitan Masup Jakarta. Membayangkan Jakarta yang jadul sepertinya asyik!

Ada beberapa hal yang kupertimbangkan dalam memilih buku. Yang pertama adalah siapa penulisnya. Ada beberapa penulis yang karya-karyanya selalu kupilih karena aku tak pernah kecewa membaca tulisan mereka. Dua di antaranya adalah Denys Lombard dan Astrid Lingdren. Jadi, biasanya aku membeli buku-buku tulisan mereka. Biasanya lo, tidak selalu. Karena kadang aku kurang suka beberapa topiknya. Yang kedua, aku selalu melihat penerbitnya. Terus terang ada beberapa penerbit yang sudah ku-blacklist. Biasanya itu adalah penerbit yang tidak teliti dalam proses penyuntingan. Pernah aku membeli buku terbitan penerbit X (penerbit ini sekarang sudah cukup punya nama dan lumayan besar), tetapi aku hanya tahan membaca paling pol 10 halaman. Kenapa? Karena aku sering menemui salah cetak--misalnya ada huruf yang hilang. Aku sebenarnya bisa maklum jika sesekali ada huruf yang tercecer (namanya juga manusia, kadang kan ada salahnya), tetapi kalau terlalu sering? Wah, aku curiga, jangan-jangan ini naskah dari penerjemah atau penulis yang langsung dicetak begitu saja tanpa dilakukan proof. Yang ketiga, tentu saja aku melihat temanya. Kalau menarik, ya beli; kalau tidak, ya lupakan.

Kemarin aku datang lagi ke Gramedia GI. Kali ini aku datang bersama suamiku. Dan sebagian besar buku yang kali beli adalah buku-buku pilihannya. Kemarin kami membawa pulang Story of Philosophy terbitan Kanisius. Buku itu segede gaban, penuh ilustrasi yang menarik, dan cocok untuk pemula seperti aku yang pengen belajar tentang filsafat. Selain itu, kami membeli dua buku matematika untuk latihan menuju olimpiade (maklum, suamiku guru matematika), seri Detektif Daisy & Ridley lainnya terbitan Elex Media Komputindo, dan buku terbitan Masup Jakarta yang berjudul Keadaan Jakarta Tempo Doeloe.

Hmmm lumayan menguras kantong juga belanja buku. Nah, sekarang aku tergoda membaca buku-buku itu. Tapi kok kerjaanku belum selesai ya? Jadi ... terpaksa kembali ke PC! Ayo kerja lagi :D

3 comments:

DV on 11:37 PM said...

Oh akhire kowe tuku sing kuwi ketimbang buku2 adine PAT? Goof.. Good.. Kowe ngerti ra, satu hal sing paling asyik untuk kubayangkan adalah mudik ke indonesia dan belanja buku di gramedia hehehee ...

krismariana widyaningsih on 12:46 AM said...

iyo don! dan tidak mengecewakan. lha nek neng ostrali buku2ne kan mestine yo apik2 to don? mesti mung mergo kowe males moco buku bhs ing :p hehehe. iyo to?

Retty Hakim (a.k.a. Maria Margaretta Vivijanti) on 10:43 AM said...

berarti penggemar Pippi juga ya?! Oh Gramedia GI diskon lagi toh? Sayang kurang gaul, kurang bocoran...hehehe