Monday, June 29, 2009


Nge-Teh

Ketika di asrama dulu, ada beberapa teman yang aku tahu suka sekali minum teh. Salah satunya adalah Mbak Tutik. Seingatku, hampir setiap sore dia membuat teh hangat. Dan tak jarang dia menawariku, "Gelem teh ra?" (Mau teh nggak?) Ya, begitulah rezeki kecil saat di asrama. Tawaran dibuatkan teh manis kok nolak? Jelas tidak dong. Apalagi kalau ada tempe mendoan atau tahu isi hasil perburuan di Sagan.

Dari Mbak Tutiklah aku tahu beberapa merek teh yang menurutnya enak. Terus terang aku lupa merek-merek teh yang enak menurut dia, tapi salah satunya kalau tidak salah adalah Teh Catoet (semoga tidak salah tulis). Bagaimana enaknya? Tidak tahu. Hahaha.

Memang lidahku ini bodoh, tak bisa membedakan teh mana yang benar-benar enak, dan mana teh yang hanya memberi warna cokelat biasa--tanpa rasa teh yang asli. Jadi, dulu kalau di asrama ada dua tempat air besar satu berisi air putih dan satu lagi berisi teh, maka aku tak bisa membedakan rasanya. Yang satu bening, yang satu cokelat. Tapi soal rasa, sama saja tuh!

Bagiku, kenikmatan yang melekat dari acara ngeteh sore adalah kedekatan kami. Obrolan yang tak jelas juntrungannya. Kadang membicarakan teman-teman di kampus, kadang membicarakan si A, kadang cerita soal masa kecil, dan tentunya ... cerita soal cowok dong! Hihihi. Dan kegiatan ongkang-ongkang di sore hari itu pun kami akhiri karena kami satu per satu harus mandi dan ikut makan malam bersama di asrama.

Ketika aku bekerja kantoran, OB di kantorku, Pak Mar, pintar membuat teh manis. Jika Pak Mar tidak masuk, biasanya teh yang terhidang di meja kami kurang nikmat. Tak bisa aku menggambarkannya. Yang jelas kekentalannya kurang, dan gulanya kebanyakan menurutku. Lidahku bisa membedakan mana teh buatan Pak Mar dan mana yang bukan. Sayang, ketika aku sudah tak berkantor lagi di sana, aku dicuekin Pak Mar ketika minta teh manis. Huuu :(

Ketika menikah, ndilalah ... aku bersuamikan lelaki yang suka wedangan alias menikmati minuman hangat. Salah satu minuman hangat kesukaannya adalah teh. Tapi kali ini aku belajar membedakan mana teh yang enak dan mana yang sekadar memberi warna cokelat. Dulu aku tak pernah ambil pusing ketika minum teh. Tapi sekarang? Jangan tanya. Aku tahu lo, kalau teh celup merek S*** W**** itu tak enak. Harumnya juga kurang. Tak ada rasa teh yang melekat di lidah saat kita meminumnya.

Suamiku yang penikmat teh itu mengajariku bagaimana membuat teh yang enak. Tapi tetap saja aku tak bisa menyamai teh buatannya. Teh buatannya selalu yang paling pas di lidah. Dia selalu tahu seberapa banyak jumputan daun teh dan takaran gula yang pas untuk satu cangkir teh. Dan teh pilihannya pun tak pernah mengecewakan di lidah. Darinya aku tahu rasa teh yang sebenarnya: segar, wangi, dan ada rasa pahit di ujung lidah. Kami biasanya memilih jenis teh hijau atau teh oolong. Kadang ketika main ke Bandung, kami menyempatkan mencari teh Upet yang mudah sekali ditemui di sana. Biar hanya teh celup, teh Upet ini cukup nikmat dibandingkan teh celup lainnya. Harganya pun cukup miring jika dibandingkan teh Dilma atau teh bermerek lainnya.

Kadang aku berpikir, di Indonesia ini ada banyak sekali perkebunan teh. Tapi kenapa ya masih jarang orang Indonesia yang tahu mana teh yang enak dan mana yang biasa-biasa saja. Kita terbuai begitu saja dengan iklan-iklan teh di media massa, dan membeli teh hanya karena iklan. Padahal produk teh yang sering diiklankan di televisi itu tidak enak lo. Percayalah. Kurasa teh terbaik kita larinya ke luar negeri, diekspor. Sebenarnya tak masalah jika kita mengekspornya. Tapi kalau anak negeri sendiri jadi tak kenal teh yang enak, sayang kan?

19 comments:

DV on 2:44 PM said...

Tea paling enak ki gaweane mbah lan mamaku, Kris.
Tepat dibawahnya adalah the buatannya Lik Man, Angkringan Tugu.
Tapi setelah pindah kemari, aku slalu mengkonsumsi the celup tanpa gula, konsentrasiku sekarang ke kopi :)
Mbuh mengko nek pas bali ojo-ojo aku wes ra doyan tea buatan mama lan mbahku soalnya sejak pindah kemari juga aku jarang sekali minum minuman bergula :(

nh18 on 8:08 PM said...

Saya juga pecinta Teh ...
dan kalau boleh menyebut merek ...
saya suka Teh Prenjak ...
ini aromatis sangat !

krismariana widyaningsih on 9:52 PM said...

@DV: Betul, teh buatan Lik Man memang enak. Tapi aku lebih suka teh jahenya. Hmmmm....

@nh18: Teh Prenjak? Wah, bisa dicari nih, Pak. Saya masih awam soal teh yg enak. Suami saya yg lebih tahu. Saya sih ngikut saja :)

Retty Hakim (a.k.a. Maria Margaretta Vivijanti) on 12:09 AM said...

hehehe..aku suka saja tuh teh yang s..w...selama bukan yang melati, tapi lebih suka teh hitam dari puncak (eh lupa namanya...harus tanya suami juga hahaha...rupanya lelaki lebih pencinta teh daripada istri ya)

Maaf, YMku putus melulu...jadi nanti aja ya japri lagi...

Riris Ernaeni on 12:25 AM said...

aku suka teh cap Botol atau cap Mawar, wangi dan sepetnya berasa pas banget, Kris. Adalagi kalau di Jawa Timur namanya teh cap Bandulan..itu juga mantep. Pernah dapet oleh2 dari jawa timur, teh cap minangkabau..

cobaen satu-satu!!

Pojok Hablay on 5:35 AM said...

Sebulan lalu, aku pergi ke Rancabali, menengok pabrik teh di selatan Bandung itu. Seorang sahabat dari luar Indonesia yang juga pecinta teh ingin sekali pergi ke pabrik teh itu.

Ajak suamimu kesana. Dekat dari Jakarta. Diberitahu membedakan berbagai macam teh. Diberitahu bahwa -seperti perkiraanmu- sebagian besar dieskpor. Lipton menyerap 40% produksi mereka!

Paling kaget waktu dikasih tahu bahwa orang kita memang doyannya teh kelas 3 dan gak doyan dikasih teh kelas 1! Ouch. Barangkali tidak terbiasa dengan rasa sepet yang nikmat itu?

AndoRyu on 6:26 AM said...

wah..... kurang ngerti sama teh.
Paling disini suka minum Oolong sama Earl Grey.

*sang pecinta kopi*

warm on 6:38 AM said...

teh favorit saya adalah buatan nenek saya, paling pas rasanya, sayang beliau udah skarang gak bisa bikin lagi karena sudah uzu,
oh ya pernah nyoba teh cap laba-laba ?
salam !

krismariana widyaningsih on 10:23 AM said...

@Mbak Retty: dulu saya juga kadang beli teh SW, tp setelah kenal dg suami jd tahu teh yg pas di lidah. Good bye SW deh. heheh

@Riris: kayaknya aku tau deh yg teh cap Botol itu. tp lupa2 ingat kaya apa rasanya. btw, teh dr Jatim emang kadang baunya khas banget ya?

@Mellyana: iya, padahal teh Indonesia yg kualitas no 1 tuh enak banget lo. sayang gak banyak masyarakat yg tahu.

@Yusahrizal: dulu oni jg pecinta kopi katanya, tp stlh lambungnya gak cocok dg kopi, dia pindah ke teh. tp rasanya teh oolong-lah yg paling pas di lidahku

@warm: belum pernah nyoba tuh, mas. besok deh siapa tahu pas berburu teh dapet teh laba2 :) terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak

Ikkyu_san a.k.a imelda on 1:02 PM said...

Saya sekarang lagi tergila-gila dengan Ahmad Tea yang fruit taste...macam-macam, tapi enak.
Sebelumnya Pompadour.
Memang SW tidak begitu enak, tapi kalau buat oleh-oleh yang paling praktis.
Dulu saya pernah bertamu ke rumah teman yang ibunya mencampur beberapa macam daun teh, dan hasilnya amboi enak sekali. Sayang aku tidak catat apa saja yang dicampur.
Dulu pernah tergila-gila dengan daun teh "cap botol" tapi karena malas, jadi lebih suka pakai teh celup.

memang orang Indonesia tidak memperhatikan detils, jadi lidahnya tidak terbiasa untuk membedakan rasa dan kualitas. Kopi juga bermacam-macam, tapi kok bisa orang-orang mencari kopi instant N****** saja? Pernah kerajingan Kopi cap kupu-kupu bola dunia dari Bali. Dan berharap bisa explore lebih banyak lagi kekayaan kopi Indonesia.

(gini-gini aku pernah promosiin kopi toraja di TV, live 1 menit loh hihihi)

EM

Tuti Nonka on 4:06 PM said...

Wah, Mbak Tutik teman seasrama Kris itu kok sama ya dengan aku :D aku juga suka minum teh, hampir setiap waktu : pagi, siang, sore, malam. Memang teh yang enak itu adalah eh yang harum asli daun teh, ada rasa sepet-sepetnya sedikit, dan nggak terlalu manis.
Btw, aku setuju, teh celup S**W**** itu nggak enak, nggak ada rasanya ... :D

krismariana widyaningsih on 7:30 PM said...

@Mbak Imelda: Ahmad Tea? Wah, kayaknya menarik jg tuh Mbak. Carinya di mana ya? Iya, Indonesia tuh kaya dengan minuman enak benernya, tapi emang jarang banget diiklankan. Kali iklannya malah di luar negeri ya, Mbak? Kasihan, orang Indo malah nggak ngerasain enaknya hasil bumi sendiri.

@Bu Tuti: Wah jangan2 yg namanya Tuti emang selalu penggemar teh ya? Hehehe. Setuju, teh SW emang gak enak!

p u a k on 8:28 PM said...

Sekarang aku lagi senang menikmati teh hijau selain kopi item.
Hm..itu setelah aku bermasalah dengan gula darah.

Ohya..salam kenal mbak'e.. :)

krismariana widyaningsih on 8:47 PM said...

@p u a k: teh hijau tanpa gula emang sueger mbak! terima kasih sudah mampir :)

Anonymous said...

Mba Kris, kl di Medan, teh itu tidak selalu berarti teh yg sebenarnya, tp air putihpun disebut teh. Itu pengalamanku wkt bertandang kerumah salah satu teman org medan, dan ditawari teh. Aku tunggu2 yg keluar ternyata air putih. Dan dia menjelaskan, itulah arti teh sebenarnya di Medan. Hehehe...pengalaman unik.

Budi Hermanto on 5:09 PM said...

Hmm..
Jadi pengen..
Nge-teh bentar neh..
Hehehe..
Met knal ya ce.. ;)

IESP93 on 8:23 PM said...

Ngeteh sore?hemmmm...dirumah aku ada teh prenjak...kata istriku ini teh kenangan saat kami di Sumatra...Boleh juga tuh, sambil ngobrol dan bernostalgia, aromanya wangi.Biasanya kalo di kedai2 sana disajikan sama roti manis.

krismariana widyaningsih on 9:15 PM said...

@Lusi: Oya? Wah, dapat pengetahuan baru nih soal budaya hehehe.

@Budi Hermanto: Selamat ngeteh, Mas. Bikin sendiri ya tehnya, hehe. Terima kasih sudah mampir.

@Kikis: Jadi makin penasaran sama kenikmatan teh Prenjak...

Lusi said...

Iya mba Kris. Dulu wkt ditawari teh, aku dikasih 2 pilihan, mau yg hangat atau dingin. Tentu saja aku pilih teh hangat, ga taunya ala org medan yg keluar air putih hangat. Menurutnya, kl minta air teh beneran, harus blg teh manis. hehehe....