Wednesday, July 02, 2008

Kota Metropolitan? Ah, Yang Bener! ...

Sebagai orang biasa yang "kesasar" di Jakarta, aku ke mana-mana naik kendaraan umum. Seringnya sih naik Metromini atau KWK. Jadi, aku bisa melihat pojok-pojok Jakarta. Nah, dari pengamatanku itu, aku jadi berpikir, "Kok bisa sih Jakarta disebut kota metropolitan? Apa karena dia didapuk sebagai ibukota negara? Atau karena di situ ada buanyak fasilitas yang tidak dipunyai daerah/kota lain di Indonesia tercinta ini?" (Padahal fasilitasnya paling pol cuma banyak mal.)

Bagaimanapun, aku masih terheran-heran pula jika Jakarta ini mendapatkan Adipura. Oalah, Pak Walikota itu apa ndak pernah sobo Terminal Senen yang baunya bikin hidung jadi kebal? (Ya, tentu ndak pernah to ya? Lha wong ke mana-mana naik mobil yang wangi je!)

Aku memang baru sekali berlama-lama di Terminal Senen. Dan ya, aku sungguh mengelus dada. Lha wong kotor dan bau kok ya, pihak pemberi Adipura itu tega-teganya memberi Adipura kepada Jakarta Pusat. Ini ngece (menghina) atau benar-benar mau memberi penghargaan? Lha kalau mau memberi penghargaan itu lak ya mestinya dinilai benar-benar to? Mosok sama aku yang orang biasa2 saja, standar kebersihannya masih kalah jauh?

Dan lagi, Jakarta itu punya fasilitas "ndangdutan" di jalan lo. Alias, banyak jalanan yang rusak. Jadi, kendaraan yg lewat siap-siap geal-geol saat melintasinya. Lumayan kali ya buat olahraga pantat? Hehehe

Tapi ya, aku tuh bingung kenapa to Jakarta itu disebut kota metropolitan? Kalau menurutku sih, itu cuma kampung yang diaspal. Ndak lebih. Jadi, Jakarta kota metropolitan? Ah, yang bener? ...

2 comments:

Anonymous said...

Metropolitan mungkin merujuk pada begitu besar dan "wiyar" nya Jakarta, Kris.

Aku setuju dengan kampung yang diaspal, tapi ya itu tadi, sayangnya kampung itu begitu besar dan menampung semua mimpi orang-orang yang mau tak mau terjerat di sana..

Termasuk panjenengan barangkali ? :)

Boe on 9:59 AM said...

mbak Kris! sorry lagi ngetok saiki..
metropolis (bentuk kata benda ne metropolitan) ki definisi bahasa Indonesia ne opo ya?
Princeton wordnet bilang,
"metropolis: a large and densely populated urban area",
yo bener to? Kampung gedhe, penduduk e akeh (kakehan?) dan punya karakteristik urban (ono mal, jaringan transportasi publik, dsb.). that's it. Jakarta is a metropolis indeed.
Wikipedia bilang, kota dengan penduduk di atas 500.000 orang di wilayah pusat kota sudah bisa dikategorikan sebagai metropolis.. lha yen ngono Semarang lan Yogya kuwi metropolis juga dong! huehehehehe..