Thursday, March 08, 2007

Pacaran

aku kadang masih bertanya-tanya, kenapa orang pacaran. kenapa? buat persiapan utk kawin. hmmm... boleh-boleh. itu masuk akal.

tapiiiii, kalo anak SMA ato anak2 ABG itu pacaran, emang udah mau kawin?

dulu waktu aku masih ABG, aku bisa dibilang nggak punya pacar. long story kalo mau diceritain di sini. tapi ya emang gitu kenyataannya. aku nggak punya pacar. trus...trus, waktu itu beberepa temenku udah punya pacar sih. dan obrolan dengan temen2 cewekku, rata2 emang soal cowok.

"eh, si A itu cakep juga lo!"
"tau nggak, si C kan udah jadian sama si D. kok si D mau ya? padahal kan ...."
dan seterusnya, dan seterusnya.

dulu aku nyantai-nyantai waktu temen deketku juga masih jomblo. asyik2 aja gitu. ya, emang kadang kita naksir cowok yang setipe. tapi sutralah, mereka kadang rasanya terlalu gede buat anak2 ingusan macem kita. lha gimana enggak, mereka udah SMA, kita masih SMP kelas 1. ato SD ya jangan2? hehehe.

tapi pas temen deketku punya pacar, aku jadi merasa nggak seasyik dulu. dia jadi sibuk sama cowoknya. dan malem minggu adalah milik mereka berdua. jadilah aku cengok di rumah sendirian. kadang nih, aku merasa kok kayaknya enak ya punya cowok; malem minggu pasti nggak bengong sendirian begini.

tapi pas akhirnya punya pacar, hehehe, ternyata malem minggu pun kadang (ato sering kali) aku juga sendiri. emang sih kadang ada temen ngobrol, tapi benernya kalo temen ngobrol mah, selain pacar juga bisa kan? apalagi kalau akhirnya sama pacar kita malah nggak cocok ngobrolnya, dan ujung2nya berantem. trus, nggak jelas juga pacaran ni mau ke mana benernya. mau merit, nggak punya duit, apalagi kalo masih jobless. males ah!

nah, ini balik lagi nih ke pertanyaan di awal, kalo anak2 ABG itu berusaha utk punya pacar, benernya mereka mau ngapain sih? utk menyalurkan perasaan bahwa kita naksir trus dia juga naksir? trus kalo udah gitu, ngapain? mau kawin? kan masih sekolah dan lagi, aku juga nggak yakin apa mereka udah siap utk merit. kalo dilihat dari segi biologis sih, okelah. tapi kalo soal kesiapan mental, aku kok nggak yakin ya?

jadi benernya ngapain pacaran? toh nikah juga belum siap. kalo aku melihat ke belakang, aku jadi mikir, kayaknya berteman aja cukup kok.

kalo memang setelah berteman kita merasa sreg utk menikah dengan dia, bolehlah pacaran. trus nggak usah lama2 pacarannya, hehehe.

1 comments:

Retty Hakim (a.k.a. Maria Margaretta Vivijanti) on 2:24 PM said...

Televisi itu yang merusak ... anak-anak TK sekarang sudah bisa ngomong pacaran lho!

Bedanya pacaran dengan berteman?
Pacaran itu harus ada komitmen kesetiaan, dan lebih banyak tenggang rasa. Tapi jangan sampai karena terlalu serius jadi merubah diri jadi pribadi semu. Bisa gawat pas benar-benar rumah tangga. Karena itu pacaran jangan juga terlalu singkat, bisa jadi belum terlihat belang-belangnya. Yang penting keputusan menikah benar-benar dari diri sendiri, sadar dengan kebaikan dan keburukan pasangan serta siap menghadapi masa tua bersamanya (could be worse than you ever know him!).

Ini penting lho soalnya sekarang tampaknya menikah dan bercerai jadi jamak sekali. Bahtera pernikahan itu dimana-mana pasti ada kesusahannya.