Friday, February 16, 2007

manusia itu apa?

belakangan ini aku suka menanyakan hal2 yang mungkin bagi sebagian besar orang enggak perlu ditayakan. misalnya, aku bertanya-tanya, "manusia itu apa sih?"

pertanyaan itu muncul begitu sederhananya, yaitu pas aku melihat bu hana (atau mbak aan ya?) lewat di koridor kantor dengan mas-mas auditor itu. aku mikir gini, mereka itu manusia. aku bisa mengenali mereka sebagai manusia karena mereka memiliki badan plus isi di dalamnya yang bisa membuat mereka bergerak sesuai dengan perintah otak. selain itu mereka juga punya perasaan, punya emosi. trus? apakah manusia "cuma" itu doang?

kabarnya, manusia memiliki jiwa, roh. aku sendiri belum pernah melihat roh yang nongkrong di dalam diri manusia itu. nah, lalu bagaimana roh dan badan itu saling kait mengait? apakah keduanya bisa dipisahkan? trus, kalo keduanya dipisahkan, apakah itu masih disebut manusia?

ah bingung!

mau tanya ayah aja ah!
(dan setelah aku tanya ayah, aku malah disuruh mikir lagi. hehehe. bingung kan?)

0 comments: