Wednesday, September 20, 2006

Kasihan Deh!

Ini adalah pertanyaan yang biasa: "Kerja di mana?" Biasa kan? Banyak orang yang baru berkenalan dengan kita tidak jarang akan bertanya seperti itu. Lalu, kalau kita sudah menyebutkan institusi tempat kita bekerja, biasanya akan ditanya lagi: "Sebagai apa di sana?" Atau kalau tidak: "Bergerak di bidang apa tuh?"

Pertanyaan yang pertama dan kedua biasanya dapat kujawab dengan mudah. Aku bekerja di Gloria, Jogja. Sebagai editor. Lalu yang biasanya agak "merepotkan" adalah pertanyaan ketiga. Jawabanku biasanya: Penerbitan buku. Setelah itu, orang lalu mengernyit. Tanggapan selanjutnya macam-macam: "Buku apa?", "Apanya Gramedia?", "Kok belum pernah dengar ya?"

Kasihan deh!

Kasihan ini bisa berarti dua: Kasihan sama aku dan kasihan sama orang yang bertanya. Kasihan sama aku karena aku mesti menjelaskan lebih banyak lagi, dan jika ditarik garis yang lebih ekstrem dan bernada negatiif, ternyata institusi dan pekerjaanku tidak ada gengsinya. Dengan kata lain, "Apaan tuh?" Tapi rasa kasihan kadang juga timbul karena orang itu tidak tahu apa-apa soal (penerbitan) buku! Kasihan deh! Masih banyak orang yang cuma tahu bahwa buku-buku yang ada di pasaran itu cuma Gramedia punya. Padahal perbukuan di Indonesia sekarang sudah melaju cukup pesat. Banyak penerbit baru yang muncul dengan jenis buku yang bervariasi pula. Banyak penulis baru yang usianya masih muda. Orang enggak perlu mengumpulkan gelar sampai berjejer dulu supaya bisa menulis buku. Novel-novel yang ada juga tidak ditulis oleh Marga T atau Mira W saja. Sekarang ini ada buanyaaaak penulis!!

Jadi kasihan sama siapa? Terserah kamu mau milih yang mana deh. Kamu bisa kasihan sama aku, atau sebaliknya justru aku yang kasihan sama kamu. Hehehe!

0 comments: